Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Senin, 27 April 2009

Sekilas Meuraxa

Aceh Sebutan lain dari Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, merupakan salah satu provinsi diantara 33 provinsi di Indonesia, yang sering juga disebut Bumi Serambi Mekkah. Nama provinsi paling barat dari Republik Indonesia menjadi sangat familiar ditelinga semua orang bahkan juga diseluruh dunia, terutama setelah terjadinya musibah bencana alam gempa bumi dan tsunami pada tanggal 26 Desember 2004. Perhatian seluruh dunia terfokus ke nanggroe ini, bantuan mengalir tak henti-hentinya, dan alhamdulillah salah satu berkah tsunami adalah terwujudnya perdamaian di bumi Aceh setelah bertahun-tahun terkungkung dalam perang dan konflik yang berkepanjangan.

Namun yang paling membanggakan dari Aceh ini adalah tekad untuk melaksanakan syariat Islam secara kaffah. Berbagai upaya telah ditempuh, banyak lembaga telah dibentuk, tak sedikit qanun/peraturan daerah telah dihasilkan dalam rangka mendukung penegakan syariat di Nanggroe Aceh Darussalam ini.

Di Kota Banda Aceh khususnya, telah dirintis program percontohan pelaksanaan syariat Islam dimana Kecamatan Meuraxa dipercaya untuk menjadi pilot project. Untuk itu, KUA Kecamatan Meuraxa sebagai salah satu komponen pemerintah dan juga komponen masyarakat, ikut terpanggil mensukseskan program ini.


Wilayah Kecamatan Meuraxa yang terletak di sebelah barat Ibukota Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam yakni Kota Banda Aceh adalah salah satu dari sembilan kecamatan yang berada di wilayah Kota Banda Aceh, selain 8 (delapan) Kecamatan lainnya yaitu Baiturrahman, Kuta Alam, Syiah Kuala, Ulee Kareng, Kutaraja, Banda Raya, Lueng Bata, dan Jaya Baru.

Wilayah Kecamatan Meuraxa terletak pada 5o32’30” - 5o34’40 LU dan 95o16’15” - 95o18’20” BT memiliki luas 725,8 Ha, terbagi ke dalam 15 (lima belas) desa/gampong dan 1 (satu) kelurahan, selain itu Kecamatan Meuraxa memiliki 2 kemukiman, yaitu Kemukiman Tgk. Chik Lamjabat dan Kemukiman Meuraxa.

Adapun batas-batas wilayah Kecamatan Meuraxa adalah :

Sebelah Utara : Selat Malaka (Pulau Sabang dan Pulo Aceh)

Sebelah Timur : Kecamatan Kuta Raja, Banda Aceh

Sebelah Selatan : Kecamatan Jaya Baru dan Baiturrahman, Banda Aceh

Sebelah Barat : Kecamatan Peukan Bada, Aceh Besar



Jumlah Penduduk Meuraxa, 11.232 Jiwa, diantaranya 6,168 laki-laki dan 5.064 perempuan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar